Mengupas Seluk Beluk Hak Kekayaan Intelektual

Hak kekayaan intelektual memberikan hak hukum atas kreasi pikiran, baik kreasi artistik maupun komersial. Undang-undang kekayaan intelektual memberi pemilik hak eksklusif tertentu atas berbagai aset tidak berwujud, serta insentif finansial dari keuntungan hak kekayaan intelektual monopoli. Jenis kekayaan intelektual yang umum adalah hak cipta, merek dagang, paten, hak desain industri, dan rahasia dagang.

Rincian Jenis Kekayaan Intelektual Umum

Berikut ini menjelaskan jenis umum kekayaan intelektual secara mendetail:

– Hak Cipta: Undang-undang hak cipta melindungi kreasi artistik seperti buku, film, musik, lukisan, foto, dan perangkat lunak. Anda tidak mendapatkan hak untuk selamanya, biasanya selama 50 hingga 100 ratus tahun, setelah itu pekerjaan Anda dikatakan memasuki domain publik.

– Merek Dagang: Merek dagang adalah tanda yang digunakan untuk mengidentifikasi produk atau layanan kepada konsumen yang berasal dari sumber unik dan untuk membedakan produk atau layanan tersebut dari entitas lain. Merek dagang biasanya diberikan pada nama, kata, frase, logo, simbol, desain, gambar atau kombinasi.

– Paten: Paten adalah seperangkat hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada penemu sebagai imbalan atas pengungkapan penemuan. Paten memberikan hak kepada penemu untuk mengecualikan orang lain dari membuat, menggunakan, atau menjual penemuan itu. Hak untuk waktu yang terbatas dan biasanya berlangsung selama 20 tahun setelah tanggal pengajuan.

– Hak Desain Industri: Hak Desain Industri adalah seperangkat hak kekayaan intelektual yang melindungi desain visual suatu benda. Penciptaan bentuk, konfigurasi atau komposisi pola atau warna atau kombinasi pola dan warna yang mengandung nilai estetika merupakan suatu desain industri. Hak tersebut berlaku selama empat belas tahun.

– Rahasia Dagang: Rahasia dagang adalah formula, praktik, proses, desain, instrumen, pola, atau kompilasi informasi yang tidak diketahui secara umum atau tidak dapat dipastikan secara wajar. Selain itu, bisnis harus dapat memperoleh keuntungan ekonomi atas pesaing atau pelanggan dengan merahasiakan informasi ini.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *